THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

IluvIndonesia

Jumat, 10 Juni 2011

at 'Syifa' Part 1


Assalaamu ‘alaikum, kawan.. =)

Kita tahu, belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tak harus dari buku, dari makhluk Allah yang lainpun bisa.
Sobat, sudahkah kalian belajar hari ini..? *pastinyaa. ..
Apalagi saat-saat ujian seperti ini.. Hohoo… ^^O Banyak mesti yang SKS (Sistem Kebut/Kejar Semalam) .. *yang nulis ini mesti juga.. :P
Berikut ini adalah tulisan yang Sei tulis di buku ‘Syifa’ .. udah liat kan bukunya..? ‘Syifa’ yang berwarna biru ada tulisan Penulis Pelajar. Emang sih di foto sebelumnya nggak begitu jelas . . tapi insya Allah pada kesempatan lain akan Sei upload fotonya .. . hihihi… ^_^ Selamat membaca . . . =)


Belajar Mencari Cara Belajar yang Tepat Untukku

Cara belajarku… Hmm… Ternyata ada perbedaan dari waktu ke waktu. Hohoo…. ^_^
Dulu ya, menjelang ujian Mid Semester 1 dan Semester 1 (kelas sepuluh) biasanya aku “bersemedi” di kamar. Hoo… jangan salah..! bukan bersemedi yang enggak-enggak.. :P Ngurung diri di kamar gitulah. .. Seharian -kalau libur- kuhabiskan dengan melakukan banyak aktifitas di kamar. Keluar kamar paling-paling wudhu, makan, minum, nyari udara segar, dhe el ell ..
Di kamar kegiatanku membaca buku-buku, shalat, membaca Al-Qur’an, ‘n lain-lain. Semua cukup hening. Nggak peduli sama dunia luar. Yang penting pelajaran masuk, besoknya bisa mengerjakan soal-soal ujian, beres!  *egois ya..? ^^o
Itu waktu sudah punya rumah sendiri yaa… -dulu ngontrak-
Kalau dulu pernah juga belajar sambil mendengarkan musik -sekitar kelas 6 SD- Mau ujian Nasional tuh… Makanya inget banget ^_^
Caraku dinilai cukup abnormal oleh kebanyakan orang. Juga oleh orangtuaku. Eh, tapi aku pernah mendengar, banyak dari temanku yang belajarnya seperti itu dan mereka menikmatinya *bisa masuk tuh..!
Kemudian, caraku ganti lagi… hehehee…  ^^D

Ngomong-ngomong soal belajar di sekolah… Sejak SMA ini aku memberanikan diri memilih ‘jalanku’. Kenapa aku bilang berani? Karena aku mengambil resiko antara lain : meresahkan sahabat-sahabat dekat, silaturahmi berkurang, ditinggalkan, parahnya lagi kalau sampai dimusuhi! –naudzubillaah……-  trus, trus, ini yang sering aku dengar, “nih orang ngilang kemanaa coba… dicari di masjid gak ada, de es te, dhe el ell, dhe es bee…” atau “kamu ke manae, Fit? Tak cari-cari gak ktemu…”
Maksudnya ‘jalan’ku adalah caraku untuk belajar. Di saat ujian seperti sekarang ini, biasanya aku datang ke sekolah seperti biasa (waktu relatif sama) kemudian mencari tempat tersembunyi untuk bercengkrama dengan buku-buku pelajaran dan Allah tentunya.. ^_^ pernah suatu saat aku keasyikan belajar. Kemudian ketika kulihat jam, huaaa…….. sudah masuk..!! >,< Cepat-cepat aku turun dari lantai 2 Masjid El-Hakim menuju ke ruang ujian -yang waktu itu kelas XI S3. Alhamdulillah belum begitu terlambat. Fiuh…  -,-
Ketika istirahatpun juga. Biasanya berusaha agar selesai -mengerjakan ujian- lebih cepat dari bel berbunyi. Tapi tetap teliti tentunyaa.. :)  Kemudian segera keluar dan menuju ke perpustakaan atau kamar mandi.. hehee…  Setelah itu mencari tempat paling nyaman untuk belajar. Aku jarang mengajak kawan-kawanku… *maaf……. :(  Aku butuh ketenangan. .
Nah, sekarang nuih.. aku sedang belajar *eh, nulis di kamu, Syifa :)

Ba’da Isya sampai nggak tahu kapan… di ruang -emm.. ruang virtual- teras depan rumah. Sebuah tempat nyaman dengan ubin sekitar 1x2 meter. Hanya ada satu dinding, yakni dinding rumahku. Kalau pintu dituutp “jegleg” maka tambah satu lagi sisi yang berdiri. Maksudku dua sisi lainnya terbuka atau berbatasan langsung dengan alam. Aku bisa melihat bulan sipit -sabit- dan bebintangan (baca:bintang-bintang) sambil duduk, menulis dan belajar. Nyanyian jangkrik itulah musikku.. :) cicak dan tokek mengawasi. Cicak berada di langit-langit tepat di atasku. Entah dia mengawasiku atau tidak.. ^_^
Seperti biasa, buku-buku berserakan di lantai dan meja. Hahaa.. belum nanti kalau sudah mulai belajar. Buku-buku dalam keadaan tersebar tak karuan . . . ^^D
Eh, ada iklan! Tukang bakso lewat, ting ting ting… Hmm… Tak Terpengaruh..! :P aku sudah makan.. :D  dalam kesunyian ditemani rembulan..  :)
Hmmm… udah dulu yaa..? insya Allah dilanjut lain waktu.. See you.. Aku mau belajar Fisika ‘n PKn .. kolaborasi yang cukup dahsyat.. tapi tak sedahsyat Biologi + Kimia..! ^^O
Tapi tenang….. Ada Allah, ada malaikat.. =) otodidak tak masalah . . akhiru kalam, wabillaahi taufik wal hidayah, wa ridha wal inayah… wassalaamu ’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh…. =)

‘AFK’060611
Tambahan :

Dalam hembusan angin perlahan
takjub aku dibuat olehnya
dia yang menghilang perlahan dan pasti
Kusaksikan detik-detik terakhirnya
Sinarnya yang terang kini tinggal setetes lilin
Hingga pada akhirnya tinggallah bayangnya
Kemudian lenyap di balik tembok rumah tetangga
Selamat jalan, rembulan ..  :’)



*tadinya mau cerita, jadinya justru puisi.. hee ^_^
Demikian tulisan dari Sei di ‘Syifa’ .. =)
Poin pentingnya antara lain:
-         Setiap orang berbeda cara belajarnya
-         Cara belajar seseorang itu dinamis (bisa berganti-ganti), menyesuaikan keadaan. Tapi ada ciri atau sesuatu yang sama dari setiap cara. Kalau untukku, harus hening agar bisa masuk, tempatnya nyaman menurutku, dengan banyak buku yang bertebaran dan Allah yang selalu menemani. =)
-         Ada yang belum kutulis di Syifa… Berdasarkan pengalaman beberapa hari ini, aku menyesali perbuatanku yang tidak memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal.  :(  ternyata aku menemukan referensi-referensi yang banyak di perpustakaan. Kalau saja aku mempunyai waktu luang lebih banyak di kelas X, mungkin aku akan sering ke sana… namun, ternyata kesibukan menguasaiku.. :’( aku bertekad akan lebih sering ke perpustakaan jika naik kelas XI nanti.. apapun jurusanku ..

Ok, sobat… :)
semoga bermanfaat.. tetap menulis kebaikan, au refoir… ^^)

0 comments: